Ujicoba dan Pengembangan Semut angkot Bandung

kegiatan hingga saat ini, didukung oleh DSI, Rindu Menanti, Kopamas dan DISHUB yaitu Uicoba Tahap I Semut Angkot Bandung , ada pun beberapa masukan dari berbagai pihak dan perencanaan selanjutnya mengenai aplikasi semut bandung sebagai berikut :

Stakeholder Hasil yang diharapkan Metode Fitur (v : sudah dibuat

x : belum)

Penumpang Informasi hadirnya angkutan penumpang

 

a.                  Penggunaan pada fitur semut melalui peta yang telah disedakan

b.       Diketahuinya angkot terdekat

v
Informasi Jumlah Penumpang c.       Tersedia di informasi jumlah penumpang di aplikasi semut v
Keberadaan antar penumpang d.       Penggunaan di aplikasi semut x
Tidak menunggu telalu lama untuk naik angkutan umum

 

a.       Keberadaan angkot yang ada di sekitar penumpang
Kenyamanan di dalam angkutan umum, a.       Penggunaan fitur laporan (menceritakan kenyamanan angkot) v
b.       Memberikan penilaian untuk tingkat kenyamanan X
c.       Membuat recap penilaian per angkot berdasarkan kenyamanan dan gamifikasinya x
Supir tidak Ngetem dan Tidak menurunkan penumpang sembarangan

 

Penggunaan fitur laporan v
Membuat recap penilaian per angkot dan gamifikasinya x
koneksi dan komunitas antar penumpang yang terhubung Aplikasi cahtting dan komunitas di semut x
Jaminan keamanan penumpang

 

Pengunaan aplikasi Panic Button di semut maupun alat yang terpasang di angkot
Estimasi sampai tujuan

 

Estimasi waktu sampai di aplikasi semut x
Penumpang mengetahui trayek hingga sampai tujuan

 

Penggunaan petunjuk trayek di aplikasi semut x

 

Stakeholder Hasil yang diharapkan Metode Fitur (v : sudah dibuat

x : belum)

DRIVER Mengetahui jumlah penumpang Penggunaan aplikasi di Semut jumlah penumpang v
Mengetahui posisi penumpang di halte Penggunaan apliakasi semut posisi penumpang X
Mengetahui standar kecepatan yang ideal untuk memperoleh penumpang dan efisiensi Penggunaan informasi penentu standar kecepatan pada masing-masing kendaraan. x
Gamifikasi driver yang mematuhi standar kecepatan Pengaturan point dan gimafikasi x
Gamifikasi driver yang tidak ngetem sembarangan dll
Mengetahui dan menetukan turun penumpang secara otomatis Notifikasi di semut untuk turun penumpang x

 

Stakeholder Hasil yang diharapkan Metode Fitur (v : sudah dibuat

x : belum)

Koperasi Mengetahui jumlah penumpang Penggunaan aplikasi di Semut jumlah penumpang v
X
Hasil rekapitulasi Gamifikasi driver yang mematuhi standar kecepatan Pengaturan point dan gimafikasi x
Memperoleh informasi armada (no pol, kendaraan) dan penumpang yang jalan pada hari tersebut (per driver)).

 

Pengembangan fitur analisis jumlah penumpang harian x
Jumlah penumpang yang naik dan turun
Informasi penumpang yang naik dan turun beserta lokasinya Penggunaan fitur di semut dan web x
Informasi hasil pendapatan per driver atau per pemilik Laporan harian x
Informasi driver yang melanggar maupun mematuhi peraturan Penggunaan fitur di semut berdasarkan laporan penumpang v
memperoleh kemudahan informasi untuk Driver, Pemilik Angkot, Penggunaan fitur di semut v

 

Stakeholder Hasil yang diharapkan Metode Fitur (v : sudah dibuat

x : belum)

Regulator/DISHUB Memperoleh Informasi titik kumpul dan titik tujuan penumpang

 

Hasil analisis dari aplikasi semut v/x
Memperoleh informasi armada (no pol, kendaraan) dan penumpang yang jalan pada hari tersebut

 

Melalui web v
memonitor koperasi

 

Diperolehnya informasi untuk beban kendaraan yang telah jalan (diliat dari jumlah penumpang harian) sehingga dapat menentukan kapan waktunya KIR dan uji Emisi kembali

 

Hasil analisis web semut angkot x

Untuk data log angkot : https://drive.google.com/open?id=0Bytmn1nfRZ_6S1pWcHJPVGJ6dUU

Berita Terkait