Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer untuk Digital Learning Lesson Study (DL-LS)

Digital Learning Lesson Study (DLL) adalah studi pelajaran berbasis teknologi informasi. Dalam DLLS, studi pelajaran dilakukan dan diperkaya dengan penggunaan teknologi informasi. Pertemuan fisik digantikan oleh pertemuan virtual melalui media sosial digital sehingga mengurangi kebutuhan komuter. Sumber belajar dalam bentuk digital dapat dengan mudah dibagikan dan dibahas. Diskusi ini juga tercatat dengan baik. Selain itu, DLLS memperhitungkan tidak hanya kegiatan kelas reguler tetapi juga ruang kelas virtual dijalankan oleh streaming video dari kelas reguler.

Dalam penelitian ini kami memberikan perhatian dalam kompetensi guru untuk memproduksi sumber daya pembelajaran digital. Secara khusus, penelitian ini mempelajari media pembelajaran berbasis komputer dalam bentuk video. Media semacam ini memungkinkan guru untuk membawa hal-hal yang tidak mudah untuk hadir dalam kelas. Penelitian ini mengambil keuntungan dari pesatnya perkembangan teknologi ponsel pintar yang membuka banyak peluang untuk aplikasi selain komunikasi suara. Ponsel pintar yang semakin canggih menjadi lebih terjangkau. Kamera sebagai bagian integral ponsel pintar terus meningkatkan kualitas dan sekarang menawarkan fitur produksi video kepada siapa saja.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan model untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar dalam pembuatan media pembelajaran berbasis komputer untuk mata pelajaran sains, Matematika dan Sains Terpadu. Model ini dikembangkan dan diuji ke komunitas guru di Cianjur.

  • Riset ini dibagi ke langkah-langkah kegiatan sebagai berikut:
    • Workshop produksi video untuk pemula. Workshop ini menyediakan guru pengetahuan dasar dan keterampilan untuk memproduksi video dengan menggunakan ponsel pintar atau jenis lain dari perekam video.
    • Workshop pemilihan instruksi yang tepat yang akan disajikan dalam bentuk video.
    • Kompetisi Produksi Media Instruksi. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mengumpulkan bukti untuk analisis kompetensi guru dalam produksi video instruksional.

Riset ini adalah kerja sama antara PPTIK ITB dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Pelatihan dan Workshop Pembuatan Media Pembelajaran, bertempat di SDN Selakopi 1 Cianjur. Diikuti oleh Guru-Guru SD Anggota Komunitas Digital Learning ITB – UPI (Cianjur)

Rapat Rutin Tim Digital Learning Program WCU 2016

Open Lesson Siklus XII, bertempat di SDN Ibu Dewi 2 Cianjur dan SDN Tamansari Cianjur

Berita Terkait

Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi