Penerapan Konsep Smart Government

Banyaknya layanan publik secara online dengan efisiensi dan efektifitas yang dimunculkan, level pemakaian dan tingkat interaksi adalah indikator penting dari sebuah level smart government . Peningkatan indikator ini memiliki dampak positif tidak hanya dalam hal waktu dan effort yang dihabiskan oleh masyarakat dan perusahaan untuk mengakses dan menggunakan layanan namun juga dapat mempercepat proses administrasi di perkantoran. Selain itu, e-government menyediakan keterbukaan  informasi nasional kepada warga untuk memberikan informasi yang cepat dan valid, menyelesaikan permasalahan yang ada secara demokratis dan bertanggung jawab.

Untuk mendukung terwujudnya konsep e-governement tersebut, PPTIK ITB mengembangkan sebuah proyek salah satunya bernama Indonesia United (Idun).

Indonesia United

Indonesia United (IDUN) merupakan sebuah keterbukaan informasi Nasional untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat secara gotong royong.

Idun Demokrasi

idun-demokrasi

Idun Demokrasi merupakan portal untuk  menampilkan timeline kegiatan Pejabat Publik yang di upload ke dalam aplikasi oleh para pengguna yang sudah terdaftar yang di tampilkan berupa Marker dalam Google Map, dilengkapi dengan pencarian berdasarkan tanggal kegiatan.Selain itu, masyarakat dapat memberikan komentar terhadap kegiatan pejabat berupa posting foto dan video dari pejabat publik yang akan dinilai. Dapat di bagikan melalui Facebook ataupun Twitter dan Google+.

Idun Logistik

Idun-Logistik

Proses pengelolaan dari pemindahan dan penyimpanan barang dan informasi terkait dari sumber pengadaan ke konsumen akhir secara efektif dan efisien.

Idun Flora Fauna

Idun-Flora-Fauna

Konsep Indonesia United (IDUN) dikembangkan sejak tahun 2015 dalam rangka merangsang pengetahuan dan pelestarian flora dan fauna di Indonesia dengan melibatkan masyarakat di  dalamnya. Sarana yang digunakan sebagai input data di antaranya berupa smartphone, dimana sarana tersebut bisa digunakan diberbagai tempat selama terkoneksi dengan jaringan internet.

Idun Nelayan

idun-nelayanAplikasi yang dibangun berbasis web dan android application untuk mendokumentasikan segala bentuk informasi yang dibutuhkan oleh para nelayan dan pihak-pihak yang terlibat dalam hal rantai pasok perikanan.

Peta-Idun-Nelayan

Pengguna dapat melihat titik-titik kondisi cuaca maupun hasil laut yang ditampilkan berupa marker pada map dan informasi harga perikanan di TPI terdekat. Dokumentasi cuaca dan hasil laut tersebut dapat berupa teks, gambar ataupun video yang diupload oleh para nelayan agar dapat memberikan informasi yang up to date bagi nelayan lainnya. Sehingga membantu nelayan untuk dapat menyiapkan diri sebelum kegiatan berlayar di lakukan.

Idun Pilkada

Idun-Pilkada

Indonesia United Pilkada dimaksudkan untuk pemantauan proses pilkada daerah. Masyarakat dapat mengawal pilkada yang LUBER ini dengan cara menginstal aplikasi pada android phone dengan kata kunci “Kawal Pilkada LSKK”.

Idun DPRKita

DPR-Kita

DPR KITA adalah sebuah layanan berbasis aplikasi android dan website yang digunakan sebagai layanan masyarakat yang terhubung langsung oleh anggota dewan perwakilan rakyat (DPR) melalui komunikasi dua arah. Melalui aplikasi ini, diharapkan masyarakat dan anggota parlemen dapat saling menanggapi dan   memberikan informasi dan aspirasi untuk meningkatkan kinerja anggota dewan melalui opini dan komuikasi secara langsung pada anggota-anggota parlemen di daerah pemilihannya.

Anargya

 AnargyaAnargya

Anargya Mobile Payment adalah sebuah sistem yang menawarkan solusi dan teknologi pembayaran (payment) dalam berbagai jenis transaksi pembayaran. Jenis transaksi pembayaran yang ditawarkan meliputi pembayaran Perusahaan Air Minum (PAM),  TV Berlangganan, Internet, Telepone Pra Bayar dan Pasca Bayar, Listrik dan Paket Data Internet Pra Bayar. Anargya Media Payment merupakan sistem pembayaran online yang simple dan aman.

Urban Juara

Urban-Juara

Urban Juara merupakan aplikasi yang berguna untuk menabung sampah organik dan anorganik yang dikelola oleh Bank Sampah. Sampah yang ditabung akan dicatat dengan sistem poin,    kemudian masyarakat dapat menukarkan poin tabungan untuk    berbagai macam kebutuhan, misalnya : Belanja, Ojek, Parkir, SPBU, Makan, Laundry.

Berita Terkait

Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi