Launching Bandar Lampung Intelligent Transportation System (BLITS)

Bandar Lampung Intelligent Transportations System (BLITS) merupakan program penelitian bersama di Kota Bandar lampung, yang dilaksanakan oleh Pusat Penelitian TIK – ITB (PPTIK ITB), Universitas Bandar Lampung, Masyarakat Transportasi Indonesia Wilayah Lampung, Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, Balitbangnovada serta mitra lainnya seperti PT. Telehouse Engineering.

BLITS yakni program aplikasi berbasis Website (dapat diakses di blits.id) dan aplikasi mobile (dapat diunduh di Playstore dengan nama aplikasi SEMUT BANDAR LAMPUNG), Aplikasi SEMUT BANDAR LAMPUNG merupakan aplikasi khusus untuk kota Bandar Lampung yang terdiri dari beberapa layanan, yakni (a) Semut Social Report merupakan salah satu layanan yang yang dapat digunakan oleh masyarakat membantu memonitoring kondisi lalu lintas secara terus menerus, kegiatan digital untuk pengumpulan data lalu lintas melalui sistem sejenis jejaring sosial yang difokuskan untuk sistem transportasi. Dimana melalui sistem ini masyarakat dapat dilibatkan dalam kegiatan pengumpulan dan validasi data. Sehingga dengan demikian pengumpulan data lalu lintas dapat berlangsung lebih cepat dengan hasil yang lebih baik secara kualitas dan kuantitas. Jenis jenis laporan seperti : Macet, Keberadaan Polisi, Kecelakaan, Bencana Alam, Penutupan Jalan, Jalan Rusak, tempat keramaian.

(b) CCTV Viewer merupakan aplikasi pengembangan dari  CCTV yang sudah dibangun oleh Pemerintah Kota Bandar lampung melalui ATCS yang  mengoperasikan kamera CCTV di beberapa titik yaitu Simpang Unila, Rajabasa, Pramuka, Sultan Agung, RS Abdul Moelok dan saat ini masyarakat bandar lampung dan sekitarnya dapat memonitoring kondisi sehingga dapat dibuat suatu prediksi yang tepat waktu dan presisi tentang kondisi lalu lintas kota di masa datang.

(c) Transportasi Publik Online, dalam hal ini baru terpasang untuk Trans Bandar Lampung yang bertujuan untuk mempromosikan transportasi puublik karena dapat diketahui posisinya oleh calon penumgpang, sehingga memungkinkan pengalaman pengguna yang nyaman sekaligus menyenangkan.

(d) Traffic Light Revolution merupakan Teknologi yang memungkinkan sebanyak mungkin jejaring jalan dapat diubah karakteristiknya sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan secara efisien dan efektif, Jaringan jalan kota yang terbatas dengan ruas yang pendek-pendek mengharuskan pola penggunaan yang lebih adaptif.

berita terkait : launching BLITS

 

Berita Terkait

Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi