Detta Care System (Detection of Data Patient Condition with Health Monitoring System)

Detta Care

Detta care adalah sistem pemantau kesehatan secara real time yang hadir untuk memberikan layanan kesehatan masyarakat Indonesia secara menyeluruh, mulai dari pemeriksaan tanda vital kesehatan yang dintegrasikan dalam berbagai peralatan sensor, mobile dan desktop. Detta care dikembangkan untuk memantau secara dini kondisi kesehatan Pasien (elderly care) dan Pasien(pelayanan atenatal).

Sistem ini dibangun agar pengguna dapat mengetahui kondisi kesehatan secara real time dan dapat memberikan solusi serta saran kesehatan kepada pasien. Medical record dan data status kesehatan pasien digunakan sebagai database informasi kesehatan dalam sistem smart health system. Artificial Neural Network (ANN) diterapkan dalam pendekatan sistem kesehatan ini dengan menggunakan informasi data mining kesehatan pasien dengan output berupa prediksi probabilitas penyakit.

Produk-Produk Smart Health Care

Steepy

Steepy

Desain aplikasi mobile Dettacare  lainnya adalah steepy. Steepy adalah aplikasi untuk memonitoring berat badan pasien dalam sistem smart health system. Aplikasi steepy didesain untuk pengguna yang ingin menjaga berat badan dalam kondisi sehat. Steepy menawarkan sebuah sistem gamifikasi yang digunakan untuk memacu pengguna agar mencapai misi jumlah langkah sehat 1000 langkah/hari.

Smart Watch

smart-watch

Data detak jantung dalam ilmu kesehatan digunakan untuk mengidentifikasi jumlah kalori yang terbakar dalam tubuh. Data detak jantung dimonitoring menggunakan metode observasi langsung yaitu perangkat smart watch. Data hasil pengukuran tersebut selanjutnya digunakan dalam heart rate time series.

Smart Chair

Smart chair adalah perangkat keras dalam bentuk kursi yang dilengkapi oleh sensor berupa Load Cell. Fungsinya adalah untuk mengukur berat badan dan elektroda untuk ECG. Smart Chair akan dipasang di mobil, rumah dan kantor.

smart-chair

Smart Mirror

smart-mirror

Smart mirror adalah cermin yang dilengkapi oleh sensor Load Cell yang digunakan untuk mengukur berat badan dan menggunakan infrared untuk mengukur suhu tubuh.

Health Rate Monitoring System

Pengembangan sistem monitoring kesehatan yaitu dengan mengimplementasikan sistem prediksi penyakit jantung menggunakan machine learning Artificial Neural Network (ANN). Data pengukuran kondisi kesehatan jantung diukur melalui beberapa perangkat yang dirancang sesuai dengan kebutuhan sistem. Metoda yang digunakan dalam memantau kondisi jantung berdasarkan algoritma ANN adalah dengan mengklasifikasikan data pengukuran detak jantung, menentukan model prediksi kondisi jantung normal dan model deteksi menggunakan sistem prediksi dan prediksi kondisi jantung pasien berdasarkan satu tahun monitoring kondisi detak jantung.

 Brain Computer Interaction

Brain Computer Interaction diimplementasikan dalam sebuah sensor yang dapat mengirimkan sinyal otak untuk menggerakan sebuah robot tangan yang didesain portable menggunakan aplikasi BCI2000. Brain computer interaction didesain untuk dapat menggerakan benda dengan perintah langsung dari penderita penyakit stroke yang menyebabkan tidak bergeraknya jaringan tubuh.

 

Berita Terkait

Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi