Intelligent Transportation System (ITS)

bits

Program penelitian Intelligent Transportation System (ITS) merupakan program penelitian dalam bidang transportasi dengan kasus studi kota Bandung. Program tersebut dilaksanakan oleh Pusat Penelitian Teknologi informasi dan Komunikasi, Institut Teknologi Bandung sejak beberapa tahun terakhir bekerjasama dengan banyak mitra. Program penelitian ini berangkat dari pemahaman bahwa menyelesaikan persoalan transportasi di kota-kota besar di Indonesia tidak dapat dilakukan sekedar dengan cara yang biasa yang telah dilakukan di negara maju, namun memerlukan penerapan seluruh stack teknologi yang tersedia di bidang TIK. ITS telah banyak menghasilkan berbagai konsep, algoritma dan prototipe yang telah mencapai TRL 6 , yang dapat mulai di integrasikan, diterapkan serta dicobakan pada kondisi yang sebenarnya.

ITS mempunyai kegiatan-kegiatan dengan tujuan-tujuan spesifik sbb :

  1. Penerapan implementasi system tracking unit mobilisasi barang & jasa.
  2. Menghasilkan berbagai angka-angka indikator transportasi kota secara real-time.
  3. Merancang-bangun perilaku bertransportasi dari semua unit mobilisasi barang & jasa dengan menerapkan konsep gamifikasi.

Parking Management System

Parking Management System

Area parkir digunakan untuk melihat kondisi tempat parkir secara langsung serta melihat jumlah slot parkir yang tersedia. Caranya adalah dengan mencetak barcode untuk mengakses tempat parkir. Parkir BITS Sistem Manajemen menggunakan kamera untuk mendeteksi jika parkir kosong atau tidak, ini membuat biaya yang lebih murah daripada menggunakan sensor.

Sistem Manajemen Parkir Sudah terintegrasi dengan web dan mobile (android dan iOS), dengan menggunakan web dan pengguna versi mobile dapat melihat parkir kosong di tempat di mana pengguna ingin pergi, dan dengan pengguna versi mobile bisa memesan yang banyak pengguna inginkan. Untuk mendeteksi jika parkir kosong atau tidak digunakan histogram dari algoritma gradien berorientasi.

Semut Social App

Steepy

Semut social report diterapkan dalam sistem ITS dalam berbagai sub-bidang yaitu Advanced Traveler Information System (ATIS), sistem manajemen lalu lintas, sistem transportasi umum dan pengoperasian kendaraan komersial. ATIS mengumpulkan dan memproses informasi dari berbagai sumber (bisa dari observasi, sensor, atau laporan) dan mendistribusikannya kepada para pengguna jalan.

Angkot Tracer

Angkot Tracer adalah aplikasi untuk melacak posisi angkot dari jurusan atau trayek tertentu, mengetahui status jumlah penumpang yang kosong dari angkot tersebut, dan notifikasi jika angkot yang kita inginkan sudah berada ditempat. Angkot Tracer  membantu penumpang angkot untuk mengetahui posisi angkot, mengetahui status jumlah penumpang angkot serta informasi seputar rute secara cepat dan akurat.

Angkot Tracer

Pada website semut, terdapat informasi statistik angkot yang sedang beroperasi, statistik angkot yang berada di terminal dan angkot yang tidak beroperasi. Berikut tampilan informasi angkot tracer pada website SEMUT.

Semut Taxi

Aplikasi Semut Taxi merupakan bagian dari aplikasi semut dan BITS, penelitian ini menambahkan fitur gamifikasi dan media sosial dalam layanan pemesanan taksi. Fitur tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi, loyalitas dan selanjutnya masyarakat akan terus tertarik menggunakan system BITS dan menggunakan transportasi umum. Jika masyarakat tertarik pada transportasi umum, diharapkan dapat mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Sehingga jumlah kendaraan dapat dikurangi dan pengaturan lalu lintas dapat berjalan lebih baik karena dapat dipastikan bahwa driver di jalan adalah sopir profesional.

Semut Taxi

Opang

Ojek pangkalan yang disingkat dengan nama OPANG, adalah sebuah aplikasi mobile berbasis android yang dikembangkan pada akhir tahun 2015. OPANG ditujukan untuk dapat membantu para ojek pangkalan dapat menemukan pelanggan ojek pada umumnya. Keuntungan bagi pelanggan, OPANG dapat membantu pelanggan atau user menemukan ojek dengan pilihan harga secara variatif. Opang menghubungkan ojek konvensional dengan pelanggan.

Opang

Twitter Analytic

Peta twitter analisis yang hadir secara real time merupakan layanan teknologi informasi yang mengumpulkan data tweet dan informasi peristiwa secara real time dari pengguna. Pengguna dapat menemukan peristiwa indikasi kejadian atau peristiwa yang terjadi secara cepat yang berkaitan dengan hal tersebut. Pengguna dapat menemukan lokasi melalui kata kunci atau hastag, sehingga pengguna dapat mengetahui setiap kejadian yang terjadi di setiap lokasi secara real time.

Traffic Light Revolution

Solusi dalam mengatasi kemacetan biasanya dilakukan dengan dua cara yaitu menambah kapasitas jalan mengurangi gangguan (Malik, 2010). Cara lain adalah dengan rekayasa lalu lintas seperti mengubah arus lalu lintas, mengatur nyala waktu lampu lalu lintas di waktu jam sibuk untuk mengakomodasi lalu lintas yang dinamis dan membuat regulasi plat genap ganjil.

Implementasi dari revolusi lalu lintas adalah dengan mengembangkan integrasi konten yang menghasilkan informasi lalu lintas lebih valid melalui kamera jaringan dan peralatan kamera pengguna. Informasi tersebut digunakan untuk simulasi kecil mengenai kalibrasi lalu lintas secara real time. Sistem memiliki kemampuan untuk memprediksi dan memberikan saran lebih baik ke pengguna bahkan secara optimal menyeimbangkan beban lalu lintas.

 

Berita Terkait

Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi